Ciri Toko Online Asli VS Palsu

Saat ini banyak sekali toko online penipuan. Hal ini tentu saja ini menjadi kekhawatiran banyak pihak khususnya calon pembeli. Akibatnya, masyarakat banyak yang menjadi ragu-ragu untuk membeli secara online apalagi bagi konsumen yang pernah menjadi  korban penipuan.

Kondisi ini bukan saja merugikan para konsumen, namun juga merugikan para penjual yang memang berniat dagang jujur secara online. Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan ciri-ciri toko online palsu dan juga alasan-alasan mengapa Anda dapat menganggap kami (JayaJam.com) sebagai penjual terpercaya.

1. Cash On Delivery (COD)

Toko online penipuan tidak akan menerima sistem Cash On Delivery atau pembayaran setelah barang diterima. Bila toko online tidak menawarkan metode ini, Anda perlu ekstra hati-hati dan waspada.

Catatan:

  • Alamat toko dan Foto toko tidak menjamin bahwa toko online tersebut adalah sungguhan. Foto Toko bisa saja mengambil dari internet dan alamat toko bisa saja palsu. Untuk memastikan bahwa toko tersebut adalah bukan fiktif, sebaiknya langsung kunjungi ke lokasi atau manfaatkan sistem bayar saat barang diterima (COD).
  • Jika ada yang mengatakan bisa melakukan COD asalkan melakukan DP / uang muka terlebih dahulu sebesar 50%, sebaiknya jangan percaya, karena banyak penipuan dengan metode seperti ini. Namun kalau DP hanya sebagai tanda jadi dengan nominal tidak lebih dari 100 ribu, masihlah boleh dipertimbangkan.
  • Setelah barang diterima, segera periksa apakah sesuai spesifikasinya dan tidak ada cacat.

2. Alamat Website

Bagi Anda yang berlokasi di luar kota dan tidak memungkinkan untuk melakukan COD, kami akan menginformasikan beberapa cara mengenali toko online abal-abal dilihat dari websitenya.

Yang pertama, perhatikan alamat websitenya. Apabila toko online tersebut menggunakan website gratisan, maka Anda harus ekstra hati-hati. Untuk mengetahui web tersebut gratisan atau bukan dapat dilihat dari alamatnya. Bila berakhiran misalnya (nama toko).blogspot.com atau (nama toko).wordpress.com atau yang lainnya yang tidak langsung .com / co.id / .co / .info (ada embel-embel nama lainnya), maka web tersebut adalah gratisan.

Apabila pengusaha memang berniat untuk berjualan secara online, maka akan rela mengeluarkan biaya untuk membeli website dan untuk biaya mengurusnya. Ciri-cirinya, pada nama website langsung diakhiri dengan (nama toko).com atau (nama toko).co.id. Contoh web berbayar:JayaJam.com (tanpa akhiran .blogspot.com / .wordpress.com / lain2.com)

Catatan:

  • Alamat website berbayar bukanlah 100% jaminan bahwa toko tersebut jujur, karena saat ini ada juga website penipuan yang menggunakan alamat berbayar. Toko online palsu yang rela mengeluarkan “modal” untuk membeli website adalah yang biasanya menawarkan barang-barang dengan harga mahal, misalnya komputer, handphone, perhiasan, dll yang nilainya diatas 1 juta. Dan bukan toko yang yang menjual berharga murah, misalnya sepatu, jam murah, kaos, dll (walau tidak menutup kemungkinan).
  • Toko online yang menggunakan web gratisan juga belum tentu pasti penipuan, karena bisa saja web tersebut dikelola oleh misalnya anak mahasiwa yang ingin mencari penghasilan tambahan, dll. Kami hanya ingin mengatakan bahwa Anda perlu ekstra hati-hati bila toko online menggunakan web gratisan. Untuk memastikan apakah penjual tersebut jujur atau tidak, baca terus ciri-ciri kami berikutnya.

3. Harga Barang

Perhatikan harga barang yang dijual. Barang-barang yang dijual secara online memang sering kali lebih murah dibandingkan barang yang dijual di toko offline. Namun perbedaan harganya tidak akan terlalu mencolok. Apabila terlalu murah, misalnya sampai setengah harga dari harga pasaran, maka sebaiknya Anda sangat berhati-hati dan bila memang sangat tergiur untuk membeli, sebaiknya lakukan pembelian secara COD (bayar saat barang diterima).

Modus yang sering digunakan biasanya adalah dengan mengatakan bahwa barang-barang yang dijual merupakan barang black market atau selundupan sehingga harganya jauh lebih murah. Dan parahnya, setelah korban mentransfer uangnya, penipu akan mengatakan bahwa barangnya di tahan di bea cukai, dsb dan agar barang tersebut bisa keluar, korban harus mentransfer uang lagi dengan ancaman kalau tidak transfer barang tidak akan bisa dikirim, dsb. Jadi korban tertipu dua kali.

Bila Ada yang mengatakan bahwa barang yang dijual adalah blackmarket atau selundupan, sebaiknya Anda urungkan niat untuk membeli, karena selain sangat beresiko, barang tersebut menyalahi hukum dan merugikan negara

4. Nomor rekening

Toko online penipu biasanya hanya memiliki satu nomor rekening atau memiliki beberapa rekening dengan nama pemilik yang berbeda-beda. Jadi bila Anda menemukan toko online yang memiliki dua rekening, dengan pemilik berbeda, misalnya Rekening BNI atas nama Adi, sedangkan Rekening BCA atas nama Joko, sebaiknya Anda berhati-hati.

5. Testimonial

Saat ini testimonial sudah tidak bisa dijadikan patokan. Karena penipu biasanya menuliskan testimonial untuk diri mereka sendiri. Contoh testimonial:

Tedi, 089900xxxxx: 
Lapor, barang sudah sampai dengan selamat. Tadinya ragu ingin beli di toko ini, tapi akhirnya beranikan diri untuk transfer juga dan ternyata barang cepet banget nyampenya. Transfer kemarin, hari ini sudah sampai, thanks banget yuaaa… Buat yang lain jangan ragu lagi belanja disini.

Untuk screenshot atau foto-foto testimonial pun saat ini bisa di edit menggunakan aplikasi photo editor atau bisa dicari di internet. Jadi, jangan mengandalkan hanya testimonial untuk mempercayai sebuah toko online.

Selain, itu perhatikan nama toko atau nama website yang disebutkan pada testimonial. Kalau nama yang disebutkan berbeda, maka jangan percaya dengan tulisan tersebut. Misalnya nama web kami adalah JayaJam.com, apabila pada testimonial ada yang menulis: “Toko Jaya Abadi bisa dipercaya 100%…dst”, maka testimoni tersebut sebenarnya adalah untuk toko Jaya Abadi, bukan untuk toko Jaya Jam.

Hal ini juga berlaku untuk Facebook Page. Situs penipuan biasanya akan menampilkan Facebook Page dengan jumlah like yang besar, padahal halaman FB tersebut bukanlah miliknya. Oleh karena itu, pastikan nama web dengan nama FB Page-nya adalah sama.

Testimonial yang masih lumayan bisa diandalkan adalah testimoni yang dituliskan di forum-forum (misalnya di forum jual beli KasKus), namun Anda jangan hanya mengandalkan testimonial untuk mempercayai sebuah toko online.

6. Gaya Penulisan

Penipu biasanya menggunakan kalimat atau kata-kata yang terlalu muluk-muluk, hiperbola, janji-janji manis yang pada intinya untuk mengarahkan calon pembeli agar mau segera transfer uang. Atau dengan kata lain, penipu akan memberikan jawaban atau rayuan apapun yang penting jadi transfer. Jangan mudah percaya dengan kata-kata: “kami 100% penjual jujur, no tipu-tipu”, “kami niat jualan halal, nipu itu dosa”, dan sebagainya.

Yang perlu Anda ingat, berpikirlah secara rasional. Jangan karena Anda sangat menginginkan suatu barang sampai akhirnya membuat anda tidak berpikiran jernih dan mudah percaya hanya dengan kata-kata. Penipu akan memanfaatkan emosi Anda untuk masuk ke jeratan. Contoh kata-kata provokatif / memainkan emosi:

“Dapatkan sekarang juga, Samsung Galaxy S9 black market dari Batam, hanya 4 juta rupiah, unit sangat terbatas! promo hanya berlangsung hari ini, siapa cepat dia dapat” Recommended Seller, Melayani COD (Cash On Delivery)!

Kata-kata tersebut seringkali menghipnotis atau memberikan sugesti kepada calon korban dengan menanamkan pemikirian:

  • Barang yang ditawarkan harganya sangat murah
  • Harga murah karena black market (jadi terkesan wajar)
  • Menggunakan kata-kata barang dari Batam yang terkenal murah
  • Unit Terbatas (agar calon korban takut kehabisan dan segera transfer uang)
  • Berusaha meyakinkan bahwa sang penipu adalah Recommended Seller (penjual terpercaya)
  • Berpikir bisa dilakukan transaksi COD

Saat ada calon korban yang tertarik COD, penipu akan mengatakan COD bisa dilakukan dengan DP 50% dan harus transfer sekarang juga kalau tidak akan diberikan ke yang lain, dst. Ingat, kendalikan emosi Anda dan berpikirlah jernih. Jika sang penjual memaksa atau mendorong agar Anda dapat segera / tergesa-gesa transfer uang, sebaiknya batalkan pesanan Anda.

Jangan mudah terpercaya dengan foto-foto yang dipajang pada website karena pada umumnya website penipu akan menampilkan gambar produk, gambar tokonya yang sedang ramai, dsb. Padahal, foto tersebut diambil dari internet (Google). Kalau terlintas walau sedikit keraguan/kecurigaan terhadap sebuah toko online, sebaiknya Anda membatalkan pesanan. Waspadalah, waspadalah!

9 alasanJayaJam.com dapat dipercaya:

1. Website dikembangkan secara profesional

Kami membuat website secara profesional dan tidak menggunakan website gratisan. Biaya/modal yang kami keluarkan untuk biaya pembelian website, perawatan dan gaji developer web cukup besar, sedangkan barang-barang yang dijual sangat terjangkau. Apabila kami melakukan penipuan, maka kamilah yang rugi, karena bila website ditutup tidak akan sebanding dengan biaya yang sudah dikeluarkan.

2. Harga Masuk Akal

Kami adalah salah satu penjual jam tangan online termurah, namun harga-harga yang kami tawarkan masih masuk akal.

3. Empat Nomor Rekening Bank dengan nama pemilik yang sama

Kami memiliki 4 buah rekening bank, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRIdan Bank BCA. Nama pemilik rekening tersebut adalah sama, yaitu atas nama Teduh Kristianto. Hal ini memastikan bahwa kami menggunakan KTP yang sama dan aktif pada saat membuka rekening.

Apabila Anda tertarik membeli namun masih ada sedikit keraguan dengan kami, jangan berbelanja online dengan kami saat ini, namun tanyakankanlah nomor rekening kami dan ingatlah alamat website kami, yaitu JayaJam.com. Satu bulan, dua bulan, atau mungkin satu tahun kamudian, tanyakanlah kembali nomor rekening kami, pasti nomor yang kami informasikan akan tetap sama seperti yang Anda tanyakan saat ini. Hal ini membuktikan bahwa kami adalah penjual jujur dan memiliki rekening yang sehat, bukan rekening palsu.

Website penipuan pasti akan selalu mengganti nomor rekening-nya dan no rek tersebut biasanya hanya bertahan beberapa minggu atau beberapa bulan saja karena setelah sukses melakukan penipuan, biasanya korban akan melaporkan ke pihak berwajib dan dengan segera membekukan/menutup rekening pelaku penipuan.

4. Kami menggunakan nomor handphone yang mudah diingat

Kami menggunakan nomor handphone yang mudah diingat, bukan nomor hp murah yang tidak beraturan yang bisa dibeli dan dibuang kapan saja. Selain itu nama pemilik nomor handphone dengan nama pemilik rekening kami adalah sama, karena kami mendaftar secara resmi dan sesuai peraturan pemerintah.

5. Kami memberikan informasi apa adanya

Apabila Anda menanyakan spesifikasi atau meminta keterangan lebih lanjut mengenai suatu produk, kami akan memberikan info apa adanya dan tidak akan memaksa Anda untuk membeli produk kami.

6. Cara pembelian mudah

Untuk melakukan pembelian dengan kami sangat mudah. Anda cukup menginformasikan tipe arloji yang ingin dipesan dan alamat kota beserta kecamatan domisili (berguna untuk menentukan ongkos kirim). Anda tidak perlu takut salah format atau dipusingkan dengan login dan logout yang repot. Hal ini dikarenakan yang membalas semua SMS / WhatsApp Anda adalah karyawan kami dan bukanlah aplikasi, sistem dan bukan pula robot pencuri pulsa :D

7. Kami menggunakan foto asli produk

Foto-foto yang kami gunakan adalah foto produk yang kami miliki, bukan foto dari produsen jam. Beberapa hal yang meyakinkan bahwa kami menggunakan foto sendiri adalah:

  • Kami menuliskan nama website kami (JayaJam.com) pada setiap arloji yang kami foto menggunakan tulisan tangan(tidak menggunakan tulisan digital) dan tidak menggunakan foto yang kami dapat di internet lalu kami tempelkan tulisan nama web (diberi watermark) menggunakan aplikasi photo editor.
  • Kami memberikan foto detail produk dari beberapa sisi, tidak hanya dari sisi depan saja. Dan kami juga memberikan foto estimasi ukuran.

Hal ini membuktikan bahwa kami benar-benar memiliki produk-produk tersebut (ready stok). Apabila ada pemesanan, kami akan langsung mengirimkan secepatnya, tidak menunggu barang datang dulu dari distributor. Perhatikan gambar dibawah:

Nama website menggunakan tulisan tangan:

ciri-ciri-toko-online-yang-bagus


Nama Website yang ditulis menggunakan aplikasi photo editor:

ciri-ciri-toko-online-palsu


Contoh detail foto untuk estimasi ukuran arloji:

detail-ukuran


Tutup Botol sebagai pembanding ukuran


Tutup Botol sebagai pembanding ukuran

8. Kami memiliki halaman contoh sebagai wadah untuk interaksi dengan pengunjung

Bila dibutuhkan, kami dapat memfoto produk yang hendak Anda pesan beserta 4 digit terakhir nomor telepon Anda yang kami tulis dengan tangan.

Contoh: Anda ingin memesan jam tangan Q&Q VR00 warna pink namun kurang yakin apakah kami memiliki benar-benar memiliki produk yang Anda pesan. Anda menghubungi kami melalui nomor telepon 08990045670.

Kami dapat memfoto pesanan Anda yang ada tulisan 4 digit terakhir dari nomor handphone Anda seperti contoh dibawah:

Ciri Toko Online terpercaya


Kami sengaja tidak menampilkan seluruh nomor telepon untuk menghindari foto kami digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan mengaku-ngaku bahwa foto tersebut adalah milik mereka (karena ada nomor HP mereka pada foto tersebut).

Untuk membuka halaman Contoh, klik link menu “Contoh” pada bagian atas website atau klik disini.

9. Foto Bukti Resi Pengiriman

Berhubung ada beberapa konsumen yang meminta, berikut kami lampirkan sebagian dari foto bukti resi pengiriman:

Foto Resi / Kertas Pengiriman

Sebagian kecil Foto Resi / Kertas Pengiriman

10. Kami memiliki lokasi yang dapat dikunjungi

Kami memahami dengan semua alasan diatas, bagi Anda mungkin masih belum cukup untuk meyakinkan bahwa kami – JayaJam.com adalah penjual terpercaya. Oleh karena itu, kami melayani pembelian dengan sistem bayar ditempat / bertemu langsung. Untuk detil prosedurnya dapat dilihat halaman cara pembelian (klik disini).

©2011-2017 All Rights Reserved