Beda Jam Tangan Asli Vs Palsu

Jam tangan KW atau palsu saat ini dapat dengan mudah ditemui di toko-toko arloji. Kualitasnya pun beragam, dari yang jelek sampai yang menyerupai dengan aslinya. Biasanya penjual akan menginformasikan kepada calon pembeli kalau produk tersebut asli atau palsu. Namun, ada juga penjual yang tidak jujur dan menjual dengan harga asli padahal arloji-nya tidak original.

Nah, untuk menghindari penipuan, jayajam.com akan menginformasikan cara membedakan jam tangan asli dan palsu sehingga pembaca dapat lebih berhati-hati saat membeli jam.  Berhubung mayoritas produk yang kami jual adalah merk Q&Q dan Casio, maka gambar contoh yang kami berikan menggunakan kedua merk tersebut.

Catatan: Q&Q adalah merk Jepang dan merupakan salah satu divisi CITIZEN Watch Co.

Sebelum kita mulai, kami akan sedikit menjelaskan mengenai istilah KW yang mungkin bagi sebagian pembaca belum mengetahuinya. KW adalah sebutan yang umum digunakan untuk menandakan produk tersebut adalah produk palsu. Sebutan ini bukan berlaku untuk arloji saja, namun untuk semua produk lainnya. Misalnya kalau ada yang menyebut sepatu KW, itu berarti sepatu palsu.

KW sendiri ada tingkatannya, ada KW1, KW2, KW3 dan KW Super. KW1 memiliki kualitas lebih baik dari KW2, dan KW Super memiliki kualitas yang hampir menyerupai aslinya. KW sendiri kalau menurut tebakan kami adalah singkatan dari KWalitas.

Berikut cara membedakan Jam KW dan Ori:

1. Perhatikan bentuk fisiknya

Jam tangan yang asli dibuat dengan mesin-mesin yang presisi dan berkualitas. Hasilnya casing atau badan jam akan terlihat halus dan semua tulisan yang tercetak maupun terukir akan terlihat rapi. Apabila Anda membeli sebuah jam dengan merk terkenal namun saat dipegang, badan jam terasa kasar dan tulisannya tidak rapi, maka kemungkinan besar produk tersebut adalah palsu.

Berikut contoh jam Q&Q palsu:



Pada GAMBAR 1 diatas, terlihat bahwa tulisan angka-angka pada dial (dek) jam terlihat seperti kurang rapi dan jelembret.

Gambar 2

GAMBAR 2: Q&Q Palsu tampak belakang



Perhatikan bagian yang dilingkari diatas:

  • Tulisan water resist terlihat kurang rapi
  • Lingkaran logo tidak terlihat rapi, ada lingkaran yang putus
  • Arsiran pada layar tidak rapi
  • Bandingkan dengan foto jam tangan Q&Q yang asli dibawah ini:
Gambar 3

GAMBAR 3: Q&Q Asli tampak depan



Pada GAMBAR 3 diatas, terlihat bahwa tulisan pada dial terlihat rapi, bahkan sampai tulisan yang sangat kecil sekalipun (tulisan dalam kotak kuning) yang sulit dilihat dengan mata telanjang. Untuk produk palsu yang murah tidak memiliki mesin yang cukup baik untuk menulis tulisan yang sangat kecil.

Gambar 4: Q&Q Asli tampak belakang

GAMBAR 4: Q&Q Asli tampak belakang



Pada gambar 4 diatas dapat terlihat bagian belakang arloji Q&Q yang asli terlihat sangat rapi dan tulisan serta gambarnya jelas dan tegas.

Catatan: Mayoritas jam tangan Q&Q analog memiliki kode yang tertulis di bawah angka pukul 6, seperti contoh diatas, kode jam tersebut adalah: GT44 J001. Jika Anda menemukan kode tipe jam pada angka 6 dengan tulisan kecil yang rapi, maka kemungkinan besar jam tersebut adalah jam original. Namun ada beberapa tipe Q&Q yang tidak menuliskan kode pada plat angka 6 (tapi jarang), maka untuk memastikan keaslian produknya, bisa dibaca ciri-ciri berikutnya.

2. Perhatikan setiap tulisan yang tercetak di badan jam

Untuk mengetahui arloji yang asli dan palsu, Anda harus memperhatikan setiap detil tulisan yang dicetak atau di ukir pada badan jam.

Anda setidaknya harus mengetahui bentuk dan tulisan logo dari jam tangan. Contoh jam tangan yang banyak beredar di Indonesia adalah merk Swiss Army. Yang benar-benar Made in Swiss adalah buatan Victorinox yang memiliki logo tanda positif (+) di dalam perisai.

Sedangkan yang bukan buatan Victorinox Swiss biasanya memiliki logo tanda positif berwarna putih di dalam jajaran genjang atau bendera berwarna merah. Perhatikan Gambar 5 dibawah:

Gambar 5: Logo Swiss Army Asli VS 'Palsu'

GAMBAR 5: Logo Swiss Army Asli VS “Palsu”



Arloji Swiss Army yang beredar di Indonesia kebanyakan adalah bukan buatan Victorinox. Harga yang ditawarkan (dengan kualitas cukup baik) berada di kisaran Rp. 500 ribu sampai Rp. 1.5 jutaan. Menurut info yang kami miliki, produk-produk ini buatan Indonesia atau Cina, walau tidak menutup kemungkinan ada beberapa part yang buatan Swiss (misalnya mesinnya).

Untuk kualitas barangnya tergantung dari pabrik pembuatnya, ada yang bagus dan ada yang jelek. Walau bukan Made in Victorinox, tapi untuk kualitasnya bisa dibilang rata-rata baik dan bahkan beberapa penjual mengatakan produknya adalah barang asli dan bergaransi resmi.

Untuk hal tersebut ada benar dan ada salahnya juga. Benar dikatakan asli karena produk yang dijual adalah benar-benar merk Swiss Army dan merupakan merk dagang tersendiri dan bergaransi dari pabrik pembuatnya, namun dikatakan salah karena merk tersebut bisa dikatakan mencatut nama arloji buatan Victorinox (yaitu Swiss Army). Untuk arloji buatan Victorinox asli biasanya dijual dengan harga 3 juta lebih.

Contoh yang lain adalah merk CASIO. Terkadang ada produk palsu yang menulis logonya dengan tulisan CASIQ. Kalau dilihat sekilas terlihat asli. Demikian juga dengan merk Q&Q. Walau arloji Q&Q terkenal dengan harga yang terjangkau, namun saat ini sudah banyak yang beredar palsunya. Contohnya dapat dilihat pada GAMBAR 1 diatas. Kalau diperhatikan, tulisannya bukanlah Q&Q namun O&Q, sulit terlihat kalau tidak diperhatikan secara seksama.

Perhatikan juga tulisan-tulisan lainnya, biasanya untuk produk palsu yang berharga murah, banyak terjadi kesalahan dalam ejaan. Contohnya jam tangan G-Shock KW dibawah:

Gambar 6: G-Shock Palsu

GAMBAR 6: G-Shock Palsu



GAMBAR 6 diatas adalah jam tangan G-Shock Bathing Ape (BAPE) yang palsu. Perhatikan tulisan dibawah LCD, tulisannya WAR 21 ST Resist yang tidak memiliki arti apa-apa. Mungkin yang dimaksud adalah WATER RESIST, namun pemalsu masih memiliki “hati nurani” dan memberikan info kalau produknya adalah palsu dengan cara membuat salah ejaan.

Gambar 7: Casio DW 6900 Palsu

GAMBAR 7: Casio DW 6900 Palsu



Pada GAMBAR 7 diatas adlah contoh Casio G-Shock DW 6900 yang cukup bagus. Semua tulisannya terlihat tidak ada salah ejaan. Namun kalau diperhatikan, ada satu yang salah, yaitu tulisan G-SHOCK hanya cetakan / sablonan dan tidak diukir. Sedangkan G-Shock yang asli tulisannya adalah ukiran.

3. Cek Mesin Jam

Untuk melakukan hal ini memang perlu membongkar arloji dan dibutuhkan pengetahuan tentang tipe-tipe mesin yang digunakan pada jam tangan. Secara garis besar, bagian dalam arloji yang original akan terlihat rapi dan presisi. Dibawah adalah contoh mesin MIYOTA yang digunakan pada arloji Q&Q Analog original.

Gambar 8: Miyota Engine

GAMBAR 8: Miyota Engine



4. Cek Nomor Seri atau Tipe Jam

Cek nomor seri atau kode jam tangan Anda lalu cari di internet apakah produk tersebut benar-benar ada. Untuk produk-produk yang paslu biasanya tidak menuliskan kode atau seri-nya.

GAMBAR 9: Nomor Seri jam Q&Q

GAMBAR 9: Nomor Seri jam Q&Q



  • Untuk Q&Q Analog, nomor seri tertulis di dek (dial) dan di kertas yang melingkar pada tali jam. (lihat GAMBAR 3, nomor seri = GT44J001)
  • Untuk Q&Q Digital, nomor seri hanya tertulis di kertas pada tali jam (lihat GAMBAR 9, nomor seri = L123J002Y
  • Untuk arloji CASIO, baik digital maupun analog, nomor seri tertulis pada case bagian belakang dan juga pada kertas yang diikatkan pada tali jam (lihat GAMBAR 10 Dibawah)
  • Untuk merk lain, nomor seri bisa ditemukan antara di dial, di badan jam (misalnya di dekat pemegang tali), di case belakang atau bisa saja di kertas yang melingkar, menempel atau terikat pada jam tangan.
GAMBAR 10: Nomor seri arloji CASIO

GAMBAR 10: Nomor seri arloji CASIO



Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai nomor seri jam CASIO dan Q&Q berdasarkan pengalaman kami menjual kedua merk tersebut dan bukan merupakan penjelasan resmi produsen.

Penjelasan Nomor seri / Kode CASIO

Nomor serinya biasa dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama terdiri dari satu sampai tiga huruf pertama, bagian kedua terdiri dari angka dan atau huruf selanjutnya dan bagian ketiga biasanya dibatasi dengan tanda strip (-). Contoh pada GAMBAR 10 diatas, nomor seri arloji tersebut adalah: MQ-24-1BLDFUntuk membedakan, bagian pertama adalah yang berwarna merah, bagian kedua yang dicetak tebal dan bagian ketiga yang tulisan miring.

  • Huruf pada bagian pertama (Warna merah) menandakanjenis jam tersebut, apakah analog / digital / case plastik / case steel, dsb.
  • Huruf dan atau angka pada bagian kedua (cetak tebal / bold) menandakan model atau desain dari jam tersebut
  • Huruf dan atau angka pada bagian ketiga (huruf miring) menandakan atau merupakan kode warna dari jam tangan tersebut (warna case dan warna dial background).

Dari contoh diatas, huruf MQ menandakan bahwa jam tersebut adalah jenis jam analog dengan case plastik, angka 24 adalah desain nomor 24 dan 1BLDF adalah adalah kode warna jam. Apabila warna jam tersebut berbeda namun memiliki model dan bentuk yang sama, maka yang beda hanyalah bagian ketiganya saja. Sebagai contoh, di pasaran Anda akan menemukan seri MQ-24-7BLL yang memiliki jenis dan model sama persis dengan MQ-24-1BLDF namun memiliki warna yang berbeda.

Oleh karena itu pada case belakang arloji CASIO hanya ditulis bagian pertama dan kedua saja, dalam contoh diatas, hanya ditulis MQ-24. Hal ini untuk memperkecil biaya produksi pencetakan, karena bagian case belakang dapat digunakan di jenis dan model yang sama untuk beberapa produk yang memiliki warna berbeda.

Beberapa awalan yang sering digunakan pada seri CASIO:

  • MQ: Kategori jam analog dengan case plastik
  • LTP: Kategori jam analog case steel untuk wanita
  • MTP: Kategori jam analog case steel untuk pria
  • AE: Kategori jam digital casual dengan fitur world time
  • W: kategori jam digital casual
  • DW / G : Untuk jenis G-SHOCK digital
  • GBX: Jenis G-shock yang memiliki Bluetooth
  • BG atau BA: Untuk jenis Baby-G
  • DB: Jam casio yang memiliki fitur database / dapat menyimpan nomor telepon
  • Dll

Penjelasan Nomor Seri / Kode Q&Q

Untuk nomor seri Q&Q biasanya hanya dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama biasanya terdiri dari 4 kombinasi huruf dan angka dan bagian kedua adalah sisanya. Contoh pada GAMBAR 9 diatas, nomor seri arloji QQ tersebut adalah L123J002Y. Bagian pertama (Warna merah) menandakan jenis dan model jam, sedangkan bagian kedua merupakan kode warnanya.

Beberapa awalan yang sering digunakan pada seri Arloji Q&Q:

  • P atau R: Menandakan seri Q&Q Superior yang memiliki kualitas bahan lebih baik dibanding seri dibawahnya. Biasanya menggunakan case all stainless steel. (Contoh: P112, R376)
  • M: Jenis jam digital (Contoh: M065, M128)
  • MM: Jenis jam digital dengan fitur databank / bisa menyimpan nomor telepon (Contoh; MMW3, MMW2, MMC3)
  • A atau B: Jenis jam analog yang dilengkapi dengan fitur tanggal (Contoh: A442, BL60)
  • AL: Jenis jam analog dengan case terbuat dari bahan Aluminum (Contoh: AL02, AL08)
  • Q: Jenis analog dengan case steel (Contoh: Q606)
  • dll

Ketika Anda sudah mengetahui nomor seri dari arloji, yang Anda perlu lakukan sekarang adalah coba cari produk tersebut di internet (Google) dengan mengetikan nomor serinya. Caranya sbb:

  • Buka browser internet di komputer atau di hp
  • Ketikkan: images.google.com (tanpa awalan www.)
  • Ketikkan nomor seri arloji Anda lalu klik tombol Search
  • Setelah itu perhatikan hasil foto yang muncul. Apakah produk yang tertampil di internet sama dengan produk yang dimiliki atau berbeda jauh atau malah tidak ditemukan.

Kalau hasil pencarian internet tidak ditemukan, coba ketikkan tipenya/jenisnya saja tanpa kode warnanya. Contoh diatas, untuk CASIO, ketikkan: CASIO MQ-24 dan untuk Q&Q ketikkan Q&Q L123 saja. Jika hasil pencarian tidak menunjukkan produk yang sama atau tetap tidak ditemukan maka ada indikasi produk tersebut adalah palsu.

Dibawah adalah contoh hasil pencarian gambar (images) Q&Q L123;

GAMBAR 11: Hasil pencarian Google

GAMBAR 11: Hasil pencarian Google



Pada GAMBAR 11 diatas, terlihat bahwa hasil pencarian internet dengan kata kunci Q&Q L123 menghasilkan beberapa produk yang sama dengan yang ada pada GAMBAR 9 (walau warnanya berbeda). Hal ini membuktikan bahwa tipe atau seri dari produk tersebut benar-benar ada dan merupakan kode resmi produsen.

5. Cek harganya

Ada baiknya Anda mengetahui harga pasaran produk yang akan dibeli. Kalau harganya lebih murah sampai 60% dari harga pasaran, maka sebaiknya ekstra hati-hati. Untuk produk Q&Q yang dijual dengan harga dibawah Rp. 60.000 bisa dipastikan palsu atau bekas.

6. Cek fungsi dan fitur arloji

Sebaiknya Anda mengetahui spesifikasi dari produk yang akan dibeli. Untuk mengetahuinya bisa membaca di internet atau menanyakan yang sudah memilikinya. Periksa apakah semua fitur jam berfungsi, seperti Stopwatch (Chrono), Timer atau kalau yang memiliki sensor seperti kompas, barometer, thermometer, dll (biasa ditemukan pada seri CASIO PROTREK), cek apakah semua fitur tersebut berfungsi. Kalau fitur tersebut tidak berfungsi, maka Anda sebaiknya mengurungkan niat untuk membelinya.

Pertanyaan yang berhubungan:

Apakah Jam tangan Made in China palsu?

Saat ini banyak produsen arloji yang membuat produknya di Cina dengan alasan menekan biaya produksi. Untuk merk Q&Q dan CASIO kebanyakan produknya adalah buatan cina untuk case dan talinya. Namun untuk mesin tetap masih buatan Jepang. Oleh karena itu pada bagian belakang jam CASIO biasanya tertulis Japan Mov’t dan Cased in China, yang artinya arloji tersebut menggunakan mesin buatan Jepang namun di ‘casingkan’ di Cina.

Produk-produk yang diproduksi di Cina pada umumnya adalah produk yang di produksi masal atau dalam jumlah banyak dengan harga terjangkau. Apakah jam Made in China palsu? Belum tentu dan hal tersebut tidak bisa dijadikan indikator keaslian suatu produk. Apabila Anda membeli arloji Q&Q di negara Jepang sekalipun, ada kemungkinan besar Anda akan mendapat jam Q&Q yang dibuat di Cina.

Kecuali produk yang dijual adalah produk mahal dengan harga diatas 5 juta rupiah. Kalau ada jam mahal lalu tertulis Made in China, maka Anda perlu ekstra hati-hati. Dan kalau ada merk Swiss atau misalnya merk ROLEX namun tertulis Made in China, maka sudah bisa dipastikan jam tersebut palsu.

Apakah jam tangan Made in China kualitasnya dibawah Made in Japan atau yang lain? 

Perlu Anda ketahui bahwa negara Cina dapat membuat produk sesuai dengan pesanan. Kalau klien meminta kualitas bagus dengan harga mahal, maka Cina dapat membuatnya. Kalau klien meminta kualitas jelek namun harga murah, maka Cina dapat mewujudkannya.

Mengenai apakah jam Made in Cina kualitasnya lebih rendah dibanding buatan negara lain, tentu saja tidak. Karena walau dibuat di Cina, lisensinya masih dipegang masing-masing pemegang merk yang secara rutin akan memantau kualitas dari produk yang dihasilkan.

Jadi, kualitas arloji CASIO atau Q&Q Made in Cina dengan buatan negara lain sama saja, tidak ada perbedaan.

Apakah semua jam tangan original anti air?

Semua jam asli pada umumnya Water Resist namun tidak semuanya bisa dipakai untuk berenang, tergantung model dan tipenya. Lebih lengkapnya dapat membaca artikel: Info ketahanan air sebuah arloji klik disini.

Demikianlah informasi cara membedakan jam tangan asli dengan yang palsu. Semoga bermanfaat, jayajam.com

Artikel Terkait: Cara mengetahui jam tangan Q&Q DIGITAL yang asli & KW klik disini

©2011-2017 All Rights Reserved